meningkatkan prestasi siswa
meningkatkan prestasi siswa

Upaya Guru Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Belajar adalah suatu proses menimba ilmu. Dengan belajar seseorang akan mendapatkan ilmu baru. Dengan adanya ilmu yang dimiliki, seseorang akan mudah menyelesaikan suatu permasalahan, baik permasalahan dalam diri sendiri maupun permasalahan yang terjadi di sekitar lingkungan. Di Indonesia, permasalahan utama dalam dunia pendidikan adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini juga menjadi PR untuk para pendidik agar dapat meningkatkan prestasi siswa di sekolah. Prestasi meningkat bukan hanya dambaan setiap siswa maupun orangtua murid namun seorang guru pun memiliki harapan akan peningkatan prestasi belajar peserta didiknya. Guru harus memiliki strategi yang menarik pada saat mengajar agar peserta didik tidak bosan selama proses belajar berlangsung. Akan tetapi tidak banyak guru memiliki ilmu atau kemampuan tentang strategi yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Sebagian besar guru masih mengajar dengan menggunkan metode ceramah ketika proses belajar mengajar dilakukan. Mulai dari pagi hingga siang, guru yang berdiri di depan kelas, selalu menyampaikan materi secara sepihak tanpa melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cepat merasa bosan terhadap materi yang di pelajari. Minat siswa terhadap belajar pun akhirnya berkurang. Namun menggunakan metode ceramah bukanlah satu-satunya faktor yang memicu rendahnya prestasi belajar siswa. Faktor internal (dari dalam diri siswa) juga mempunyai peran penting terhadap hasil belajar siswa.

Setiap siswa yang pergi ke sekolah harus memiliki tujuan yang jelas. Setiap langkah yang mereka ambil dan setiap tindakan yang mereka lakukan di sekolah merupakan usaha untuk mencapai tujan mereka, yaitu meraih sebuah cita-cita. Ada beberapa cara untuk meningkatkan prestasi siswa, antara lain :

  • Proses Pembelajaran Harus Efektif

Guru harus pandai mengefektifkan setiap pertemuan di kelas. Guru harus pintar mencari strategi yang menarik dan bervariasi agar murid tertarik mengikuti pelajaran. Guru harus bisa menciptakan suasana dan perasaan senang kepada murid. Dengan menggunakan strategi yang menarik diharapkan dapat memaksimalkan proses pembelajaran sehingga materi dan target dapat dicapai secara maksimal dan efektif.

  • Memberikan Hadiah Kepada Siswa

Setiap orang pasti senang jika mendapatkan hadiah. Memberikan hadiah kepada siswa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan guru agar siswa merasa senang ketika proses belajar dilakukan. Hadiah merupakan suatu pancingan bagi siswa untuk selalu berusaha mengerjakan dan memahami setiap ilmu yang ditransfer oleh guru kepada mereka. Pemberian hadiah diharapkan dapat menjadi motivasi belajar sehingga prestasi para siswa pun dapat meningkat.

  • Siswa Harus Berperan Aktif Dalam Proses Pembelajaran

Melibatkan siswa secara langsung pada saat proses belajar mengajar merupakan suatu kewajiban guru saat ini. Siswa harus menjadi pusat belajar, artinya untuk meningkatkan rendahnya prestasi belajar siswa, maka siswa harus memposisikan diri sebagai pusat kegiatan, sehingga setiap kegiatan belajar adalah bagian kegiatannya. Jika mereka mengambil peranan aktif dalam proses pembelajaran, maka prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.

  • Peranan Orangtua Pada Belajar Anak-anaknya

Orangtua atau keluarga merupakan tempat pertama siswa mengalami proses belajar. Siswa belajar dari orang-orang yang berada disekitarnya sehingga mempunyai kemampuan melakukan sesuatu. Proses belajar di lingkungan keluarga merupakan proses yang tidak akan pernah terhenti hingga akhir hayat. Oleh karena itu, keluarga memegang peranan penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Orang tua dapat memotivasi siswa dengan memberikan dorongan agar siswa semangat belajar.

prestasi siswa Al Ma'soem
prestasi siswa Al Ma’soem

Peranan guru sebagai orang tua di sekolah sangatlah penting dan berpengaruh terhadap prestasi siswa. Guru di Al Ma’soem Islamic Boarding School sangat mengutamakan pendidikan yang diberikan kepada siswa. Guru selalu memantau perkembangan prestasi siswa sehingga para orangtua tidak perlu khawatir anak mereka mengalami kesulitan belajar. Guru di Al Ma’soem Islamic Boarding School menggunakan metode belajar yang bervariasi sehingga siswa tidak akan merasa jenuh selama proses belajar berlangsung.

Penasaran apa saja yang dilakukan guru di Al Ma’soem Islamic Boarding School untuk meningkatkan prestasi siswa??

More Information : http://almasoem.sch.id/