Seputar Baju Batik Modern Sebagai Busana Masyarakat yang Populer -Tahukah anda, jika saat ini baju batik modern begitu diminati oleh masyarakat? Apakah anda percaya kalau motif motif batik sedikit banyak telah di susupi oleh kebudayaan asing? Yang manakah pilihan anda antara batik modern dengan batik tradisional?

Memang, batik Indonesia ada yang sudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing. Biasanya batik jenis ini merupakan batik yang telah ada pasca masa penjajahan kolonial Belanda. Batik Indonesia yang mengadopsi ornamen asing adalah batik motif burung phoenix dan batik dengan corak bunga bunga tulip serta beberapa gambar andong atau kereta kuda yang mana di Indonesia pada masa itu belum  dikenal dan hanya ada di luar negeri. Walaupun begitu, ciri khas batik Indonesia tetap berbeda dengan mutu yang sudah diakui oleh dunia.

batik batik modern

Popularitas Batik Modern Yang Luar Biasa

Di jaman ini, batik Indonesia telah menjadi icon baru dalam fashion modern dunia. Tentunya ini merupakan kebanggaan bagi kita sebagai negarawan nusantara  yang hidup di negara penghasil batik sebagai warisan budaya yang luar biasa estetis. Progres ini tentunya tidak lepas dari kreatifitas para pembatik yang berhasil memadukan modernitas ke dalam corak batik tradisional. Sehingga dengan sentuhan elok ini, batik indonesia modern mulai digandrungi oleh masyarakat.

Batik modern telah menemukan jati dirinya. Motif yang diangkat benar benar menampilkan batik modern sebagai busana komplit yang cocok dipakai oleh semua lapisan masyarakat. Bukan itu saja, saat ini, batik tidak hanya diproduksi menjadi busana formal saja, baju olahraga sekalipun sudah ada yang menampilkan motif batik modern. Uniknya lagi, batik modern berhasil di desain lebih khas pada beberapa aksesoris seperti dasi, tas, sepatu dan lain lain. Maka dari itu, kita harus memberikan penghargaan besar terhadap warisan leluhur bangsa Indonesia ini.

Baju Batik Jaman Dahulu

Menurut sejarahnya, batik Indonesia sebelum menyentuh modernitas, hanya berupa pakaian adat yang penggunanya di monopoli oleh kalangan bangsawan saja. Di saat itu, batik benar benar di sakralkan yang hanya bisa dipakai saat acara acara ritual saja. Bahkan di waktu yang sama, batik juga dilarang untuk digunakan oleh masyarakat pribumi. Namun, karena adanya beberapa keluarga kerajaan yang memilih menjadi rakyat jelata dengan menempati daerah daerah di luar keraton, maka batik mulai dikenal di luar kerajaan hingga mencapai kontemporisasi sampai saat ini. Kini batik sudah digunakan untuk banyak acara bahkan untuk mendapatkannya cukup mudah. Apalagi di jaman internet nerkabel dengan pasar online nya yang selalu menawarkan batik  batik modern terbaik.

Perbedaan Baju Batik Tradisional dengan Baju Batik Modern

Mungkin anda ingin bertanya, apa sih perbedaan baju batik Tradisional dengan batik Modern?

Nah berikut ini kami jabarkan secara rinci perbedaan perbedaan tersebut, yaitu :

Batik Tradisional

Batik tradisional biasanya dibuat dengan mematuhi aturan aturan tertentu. Aturan aturan yang juga dikenal dengan isen isen ini biasanya diterapkan pada saat membuat susunan motif dan corak. Makanya motif batik cirebon berbeda dengan batik yogya karena aturannya juga berbeda

Perbedaan selanjutnya adalah, batik tradisional biasanya proses pembuatannya lebih rumit dibandingkan batik modern. Harganya juga cenderung  lebih mahal karena memiliki sisi ekslusifitas baik dari bentuk ataupun dari filosofinya.

Batik Modern

Batik modern memiliki pola pembuatan yang bebas. Artinya pola atau proses pembuatannya tidak terikat pada aturan aturan khusus. Setiap pembuatan batik modern ditujukan untuk mendapatkan busana seindah indahnya tetapi tetap harus sesuai dengan modernitas.  Makanya batik modern lebih mudah untuk dibuat dan penyebarannya di pasar pasar konvensional ataupun pasar online sangat besar dibandingkan batik tradisional.

Pingin Beli Batik Modern Bermutu tinggi ? cari saja disini : https://tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan